Cathlab

KATERISASI JANTUNG  & ANGIOGRAFI (CATHLAB)

 

Pengantar

Merupakan salah satu layanan unggulan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu yang dilakukan untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah, selanjutnya dilakukan intervensi Non Bedah sesuai indikasi secara invasive melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda.

Unit layanan katerisasi jantung/Cathlab  mulai operasional sejak 29 September 2014 dengan jumlah tindakan rata-rata  500 hingga 700 prosedur pertahunnya. Layanan kateterisasi ini dilakukan oleh tim yang terdiri dari dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah serta perawat mahir yang telah menjalani pendidikan intervensi jantung dan pembuluh darah.

Tindakan invasif non bedah jantung dan pembuluh darah menggunakan pesawat   sinar-X untuk mendapatkan pencitraan     sebagai gold standard. Mesin kateterisasi jantung dengan peralatannya ini digunakan sebagai alat untuk menegakkan diagnosis, melakukan intervensi jantung dan pembuluh darah seperti:

¨ Angiografi koroner.

¨ Penyadapan jantung.

¨ Intervensi koroner perkutan (pemasangan stent).

¨ Pericardiosintesis.

¨ Pemasangan alat pacu jantung sementara dan permanen.

¨ Arteriografi/PTA dan intervensi lainnya.

 

Manfaat Tindakan Katerisasi

  1. Untuk mengindentifikasi struktur penyakit jantung, seperti penyakit jantung   arteri aterosklerotik terutama  penyakit arteri coroner
  2. Mendeteksi lokasi terjadinya sumbatan atau penyempitan pembuluh darah koroner    jantung
  3. Untuk tindakan intervensi atau terapi bila ditemukan adanyan kelainan misalnya ada penyempitan arteri coroner, maka dilakukan pemasangan balon dan stent untuk melebarkan pembuluh darah arteri coroner.

Persiapan Pasien Tindakan Katerisasi Jantung

  1. Pasien dan keluarga sudah mendapatkan penjelasan dari dokter spesialis jantung tentang prosedur tindakan katerisasi jantung dan informed consent
  2. Pasien dan keluarga sudah pesan kamar sebelum tindakan katerisasi jantung kecuali pasien emergency/primary PCI
  3. Pasien dipuasakan 4-6 jam sebelum tindakan
  4. Pasien dicukur daerah yang akan dilakukan tindakan
  5. Pasien dipasang condom cateter atau dower cateter
  6. Pasien dipasang infus dan diukur tanda vital (tekanan darah, nadi, pernafasan)

 

Tim Layanan Unggulan

Dr. Ismir Fahri, Sp.JP (K), FIHA

Dr. Jusup Endang, Sp.JP (K), FIHA

Dr. Sri Hastuti, Sp.JP, FIHA

Fasilitas Pendukung

  1. Rawat Jalan

Rawat jalan dilengkapi dengan alat Elektrocardiografi, mesin Echokardiografi (TTE dan TEE), Treadmil test, Holter EKG, CT scan dan MRI serta Laboratorium Cardiac marker.

  1. Rawat Inap

Rawat inap dilengkapi dengan Ruangan Intensive Cardiovascular Care Unit/ICCU dan Intermediate/IW yang dilengkapi dengan ventilator, mesin echocardiografi, serta pasien monitor.

 

  1. Waktu Pelayanan

Senin  s/d Jumat

Pukul 07.00 WIB – selesai

Emergency/cito  :  setiap hari

 

  1. Cakupan Layanan

Melayani pasien BPJS, umum dan IKS